Dari beberapa waktu yang lalu sudah ada wacana untuk meningkatkan transaksi elektronik dengan meluncurkan produk alat transaksi non-tunai. Saat ini masyarakat sudah familiar dengan produk tersebut, seperti kartu kredit dan kartu debit. Namun, Dirjen Pajak rupanya masih menganggap hal tersebut belum efektif. Lembaga pemerintahan itu sedang menciptakan satu kartu serba guna yang bisa digunakan untuk apapun, kartu kredit, BPJS, SIM, dll. Seperti apa wacananya?

Kartu NPWP

Ke depan, kartu NPWP Anda bisa menjadi kartu serba guna, termasuk menjadi kartu kredit

Disebutkan Ken Dwijugiasteadi, pemerintah saat ini sedang menyiapkan kartu serba guna tersebut. Menurutnya, kartu tersebut dibuat berdasarkan dengan NPWP. “Tahun depan, NPWP bisa digunakan untuk apa saja. Tahun depan mudah-mudahan,” ujarnya saat ditemui dalam acara sosialisasi Tax Amnesty di ITC Mangga Dua, Selasa kemarin (01/11).

Ken menambahkan jika rencana  ini berhasil, maka kedepannya NPWP bisa digunakan untuk keperluan apapun, dari SIM, KTP, BPJS, hingga kartu kredit. Bahkan, beliau menyebutkan bahwa prototype kartu tersebut sudah ada dan sedang diujicobakan.

“Kalau ke rumah sakit ‘nih NPWP’. Ke Singapura, naik pesawat juga bisa VIP. Kok bisa? Kan nge-link ke kartu kredit. Jadi, kalau mau main golf, main apa saja, tunjukkan NPWP. Di dalamnya ada kartu kredit, BPJS, asuransi,” terangnya.

Apakah Anda setuju dengan rencana Dirjen Pajak tersebut? Apakah menjadikan NPWP sebagai kartu serba guna akan meningkatkan efektifitas transaksi masyarakat? Sampaikan opini Anda di kolom komentar yang tersedia!

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.