Belanja menggunakan kartu kredit memang menyenangkan, tinggal gesek saja maka barang yang kita inginkan akan segera berada di tangan. Itulah tujuan kartu plastik ini diciptakan, membantu penggunanya agar mudah dalam bertransaksi. Namun, tidak selamanya berbelanja dengan menggunakan kartu kredit itu menyenangkan. Terkadang kita karena kemudahan saat bertransaksi akhirnya kebablasan. Ujung-ujungnya terlilit hutang kartu kredit. Untuk menghindari hal tersebut, kami akan berikan tips tentang transaksi kartu kredit yang perlu dihindari. Apa saja itu?

Transaksi kartu kredit, belanja menggunakan kartu kredit

Banyak orang terlililt hutang kartu kredit karena tidak tahu mana transaksi kartu kredit yang perlu dihindari

Belanja menggunakan kartu kredit yang perlu dihindari yang pertama adalah belanja hanya demi gengsi. Banyak dari pengguna yang terjebak hutang kartu kredit karena hal ini. Banyak dari mereka yang belanja agar dianggap kaya. Mereka bertransaksi bukan untuk kebutuhan, tapi untuk keinginan. Kita harus bisa membedakan kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah sesuatu yang kita inginkan dan jika tidak dipenuhi akan berakibat buruk bagi kita. Keinginan adalah sesuatu yang kita inginkan dan jika tidak dipenuhi tidak akan berakibat buruk. Makan bisa menjadi kebutuhan dan keinginan, misal jika Anda lapar, jika Anda tidak makan maka tubuh Anda lemas. Namun makan bisa menjadi keinginan jika Anda lapar, namun ingin membeli makan di restaurant mewah. Tidak makan di restaurant mewah tidak akan membuat kita mati. Jadi kita harus bisa menganalisa, mana yang merupakan kebutuhan, dan mana yang merupakan keinginan. Gengsi biasanya tidak memenuhi kebutuhan, tapi hanya untuk memuaskan keinginan kita saja. Jika kita mampu, itu bukan masalah, tapi jika tidak, maka bersiap-siaplah berkubang di lembah hutang.

Transaksi kartu kredit yang perlu dihindari selanjutnya adalah belanja hanya untuk mengejar reward poin. Salah satu trik yang digunakan bank agar nasabah mau berbelanja adalah dengan menggunakan iming-iming reward poin. Nasabah bisa menukarkan poin yang dimiliki dalam jumlah tertentu dengan barang yang diinginkan. Satu hal yang perlu dipahami, untuk mendapatkan poin anda harus melakukan minimal transaksi (besaran nomial rupiah per poin tergantung kebijakan bank). Anda harus mengecek terlebih dahulu, apa barang yang Anda ingin tukar dengan reward poin tersebut sepadan nggak. Jangan karena ingin mendapatkan manfaat reward poin Anda malah belanja gila-gilaan tanpa mau berpikir.

Belanja menggunakan kartu kredit yang juga perlu dihindari adalah belanja saat stress. Saat Anda stress, Anda cenderung untuk melampiaskannya dengan mencari sesuatu yang bisa membuat Anda lupa dengan masalah Anda. Saat itu terjadi, sesuatu yang sesungguhnya tidak penting akan terlihat tidak penting. Saat Anda stress, masalah tidak akan selesai dengan belanja, Anda harus menghadapinya dan mencari solusinya.

Nah, itu tadi beberapa transaksi kartu kredit yang perlu dihindari. Bagi Anda yang memiliki hutang, tanyakan poin mana diatas yang akhirnya membuat Anda jatuh ke lingkaran hutang. Ingat, sebagai pengguna kartu kredit kita yang harus dituntut bijak dalam berbelanja. Dan Anda harus mencari tahu sendiri bagaimana caranya karna bank tidak akan pernah mengajari Anda. Pantau terus website ini, ikuti seminar dan workshop CCR agar Anda bisa mendapatkan update ilmu baru seputar kartu kredit. Semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat bagi Anda!

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.