Sebuah kabar gembira datang bagi para pengguna kartu kredit di Indonesia. Bank Indonesia, selaku regulator merencanakan memotong batas tertinggi bunga kartu kredit hingga 70 poin basis per bulannya. Jika sebelumnya bunganya adalah 2,95%  / bulan atau 35.4% / tahun, maka nantinya akan menjadi 2,25 % / bulan atau 26,95 % tahun. Oleh BI, penurunan ini diharapkan bisa meningkatkan transaksi non tunai melalui kartu kredit. Apalagi saat ini transaksi kartu kredit sedang mengalami tren prenurunan. Lalu, bagaimana respon bank-bank penerbit kartu kredit?

Suku bunga kartu kredit, penurunan bunga kartu kredit

Bank Mega merespon cepat rencana BI dengan menurunkan bunga kartu kredit mereka per 1 Oktober 2016 menjadi 2,2% per bulan

Meski rencana tersebut belum dituangkan dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI), sepertinya beberapa bank sudah siap dengan hal ini. Contohnya bank Mega, per tanggal 1 Oktober 2016, mereka telah menurunkan bunganya ke angka 2,2% per bulan. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Vonny Ridho, Regional Usage & Sales Card Manager PT. Bank Mega Makassar saat ditemui Kamis (29/9) kemarin.

“Kami respon cepat terhadap keputusan regulator, makanya manajemen pusat (kantor pusat) kami sudah putuskan untuk koreksi bunga,” ungkapnya.

Jika Bank Mega langsung melakukan tindakan, lain pula dengan Bank Bukopin. Mereka saat ini masih menunggu keputusan dari kantor pusat tentang penurunan bunga kartu kredit tersebut. Meskipun demikian, mereka akan siap untuk mematuhi rencana BI tersebut.

“Belum dapat keputusan dari pusat tapi yang pasti kami akan koreksi bunga sesuai permintaan regulator. Masih dibicarakan besaran penurunannya, selanjutnya akan diinformasikan ke masyarakat melalui pesan singkat secara massal,” ujar Roby Samosir, Koordinator Regional Card Center Sulawesi PT Bank Bukopin.

Hal yang sama juga dirasakan oleh bank BCA. Hingga saat ini belum ada perintah dari kantor pusat tentang penurunan bunga kartu kredit. Hingga saat ini manajemen masih melakukan pembicaraan terkait hal tersebut.

Nah, ini tentunya kabar yang sangat menggembirakan, bukan? Semoga harapan BI dengan menurunkan bunga kartu kredit akan bisa mendongkrak transaksi yang ada. Silahkan sampaikan opini Anda terkait hal ini di kolom yang tersedia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.