Manusia itu memang makhluk yang aneh, saat belum punya sesuatu, mereka mati-matian untuk mendapatkannya. Namun, saat sudah mendapatkannya seringkali sesuatu itu dilupakan. Begitu juga dengan apply kartu kredit. Saat belum punya, mereka mengajukan aplikasi kepemilikan kartu kredit ke semua bank. Begitu dapat, eh, kartu kreditnya dianggurin. Padahal, kartu kredit yang tak terpakai justru hanya memberikan Anda kerugian. Kerugian yang seperti apa? Silahkan dibaca artikel ini hingga tuntas!

Kartu kredit tidak terpakai

Ternyata memiliki kartu kredit tak terpakai bisa merugikan kita

Kerugian yang pertama dari kartu kredit tak terpakai adalah melewatkan banyak manfaat yang dimiliki kartu Anda. Seperti yang Anda ketahui, kartu kredit memiliki banyak sekali program yang bisa sangat bermanfaat bagi kita, seperti diskon, cashback, cicilan 0%, poin reward, dll. Apabila kita bisa menggunakannya dengan bijak, hal ini tentu bisa sangat membantu kita dalam menghemat pengeluaran.

Kerugian selanjutnya adalah Anda tetap harus bayar. Setiap tahunnya pemilik kartu kredit diharuskan untuk membayar iuran tahunan. Biasanya bank akan menggratiskan iuran ini pada tahun pertama dan kedua, setelah itu harus bayar. Atau ada juga program gratis iuran tahunan dengan syarat minimal pemakaian. Jadi Anda membuang uang dengan percuma jika tidak menggunakannya.

Kartu kredit tak terpakai juga berpotensi membuat Anda terkena bunga yang terus berkembang. Ini berhubungan dengan poin kedua. Orang yang tidak menggunakan kartunya jarang melihat tagihan kartu kredit yang datang (yang rutin menggunakannya aja kemungkinan juga jarang membuka, hehehehe). Karena merasa tidak pernah menggunakannya, mereka mengabaikannya, padahal tagihan itu datang untuk menginformasikan kalau Anda waktunya membayar iuran tahunan. Jika iuran tahunan tidak dibayar, otomatis itu dianggap sebagai tunggakan, dan itu bisa dikenai bunga. Jika semakin lama, maka semakin besar hutang yang harus dibayar. Anda baru sadar ketika pihak bank menelpon dan mengatakan nominal hutang Anda yang menurut Anda tidak masuk akal.

Kerugian selanjutnya adalah Anda berpotensi untuk tidak bisa kredit lagi. Ini bisa terjadi jika Anda sampai di poin 3. Banyak pengguna kartu kredit yang tidak sadar telah memiliki tunggakan kartu kredit. Mereka baru tahu setelah hendak mengajukan kredit lain, ternyata mereka telah masuk daftar BI Checking.

Kerugian kartu kredit tak terpakai yang terakhir adalah Anda bakal direpotkan dengan banyaknya penawaran. Karena Anda tidak pernah memakai kartunya, bank menganggap Anda sebagai nasabah yang kurang loyal. Bank akan melakukan segala cara untuk membuat Anda menggunakan kartu Anda. Jadi jangan heran jika HP Anda sering bordering karena telpon dari marketing kartu kredit.

Nah, itu tadi beberapa kerugian kartu kredit tak terpakai. Jadi jika Anda memang tidak membutuhkan kartu kredit, lebih baik Anda tidak perlu apply. Dan kalau Anda punya, Anda sebaiknya belajar bagaimana cara menggunakannya dengan bijak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.