“Pak, saya sudah berkali-kali apply kartu kredit kok nggak pernah diapprove ya?” Kalimat seperti itu seringkali saya temui saat seminar maupun konsultasi di web maupun sosial media milik saya. Seringkali kemudian calon nasabah menyalahkan bank gara-gara penolakan, padahal itu tidak sepenuhnya benar. Kita kadang sering melupakan hal-hal yang justru membuat pengajuan kartu kredit ditolak. Apa saja itu?

Apply kartu kredit

Banyak nasabah yang tidak tahu alasan kenapa pengajuan kartu kredit ditolak

Tidak memiliki hutang bisa menjadi satu alasan pengajuan kartu kredit ditolak. Kok bisa begitu? Itu karena bank tidak memiliki catatan rekam jejak anda dalam berhutang. Bank tidak mengetahui apakah anda akan sanggup mengelola hutang yang diberikan dengan baik atau tidak. Jadi, hilangkan jauh-jauh pemikiran kalau pengajuan kredit anda, dalam bentuk apapun akan mudah diapprove jika anda tidak punya hutang.

Alasan lain apply kartu kredit ditolak oleh bank adalah daftar riwayat pekerjaan anda. Jika anda sering berpindah-pindah kerja, maka kemungkinan besar pengajuan anda akan ditolak. Kenapa demikian? Bank lebih suka melihat daftar riwayat pekerjaan yang pendek daripada yang panjang, tujuannya untuk mengukur kredibilitas anda. Mungkin cara berpikir mereka, seseorang yang mudah gonta-ganti pekerjaan bukanlah nasabah yang loyal dan kredibel untuk diberi hutang.

Selain sering ganti pekerjaan, bekerja di jenis pekerjaan tertentu bisa membuat pengajuan kartu kredit ditolak. Masa sich? Percaya atau tidak, bank memiliki daftar pekerjaan yang telah masuk daftar blacklist, sehingga orang yang memiliki pekerjaan yang tertera di daftar, kemungkinan approvenya semakin kecil.

Hal lain yang membuat apply kartu kredit ditolak adalah anda terlalu cepat mengajukan kepemilikan yang baru meski saja anda baru saja mendapatkan kartu kredit. Memang, jika anda sudah memiliki kartu kredit, akan lebih mudah untuk mendaptkan kartu lagi. Tapi, jika anda melakukan pengajuannya dalam waktu yang mepet, maka yakinlah kalau pengajuan anda tidak akan pernah disetujui. Berilah jeda, minimal 3 bulan.

Penyebab lain pengajuan kartu kredit ditolak adalah anda sudah terlalu banyak hutang. Yup, selain tidak punya hutang, kebanyakan hutang juga akan membuat anda rentan mengalami penolakan saat mengajukan hutang. Sebelum menyetujui pengajuan kredit seseorang, bank akan selalu mengecek kemampuan membayar calon nasabah. Jika anda memiliki banyak hutang, itu akan mengesankan jika anda sangat membutuhkan uang. Alhasil, bank akan sulit untuk mengabulkan permohonan anda.

Nah, itu tadi beberapa penyebab yang membuat pengajuan kartu kredit ditolak. Satu hal yang perlu anda ingat, bank adalah sistem, jika anda tidak menyesuaikan diri dengan sistem yang telah dibuat, anda tidak akan pernah bisa berhasil. Makanya saya selalu bilang, “Jika Anda tidak tahu aturan mainnya, Anda akan selalu kalah.” Seminar dan workshop Credit Card Revolution adalah pilihan yang tepat jika anda hendak mengetahui lebih dalam seluk beluk kartu kredit. Karena anda akan belajar langsung dari pakarnya, Roy Shakti. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda!

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.