Banyak orang yang beranggapan jika memiliki kartu kredit itu menyenangkan. Bahkan, tidak sedikit yang ingin mendapatkannya lebih dari satu. Namun, setelah mendapatkannya, mereka tidak tahu bagaimana cara menggunakannya dengan benar. Alhasil, bukannya memberi kemudahan, kartu ajaib ini justru membuat pemiliknya sengsara. Namun, ini bukan salah kartu kreditnya, tapi salah pemiliknya yang tidak tahu bagaimana cara menggunakannya dengan bijak. Memangnya bagaimana caranya? Nah, kali ini kami akan berbagi tentang cara mengelola kartu kredit lebih dari satu. Check it out!

Penggunaan kartu kredit

Mengetahui bagaimana caranya mengelola kartu kredit lebih dari satu akan membantu memaksimalkan penggunaannya

Tips mengelola kartu kredit lebih dari satu yang pertama adalah merancang rencana anggaran. Kenapa ini penting? Dengan adanya rencana anggaran, Anda bisa tahu berapa nominal yang bisa Anda keluarkan setiap bulannya. Hal ini bisa membantu Anda dalam mengontrol penggunaan kartu kredit Anda.

langkah selanjutnya adalah memilah penggunaan kartu kredit berdasarkan fungsinya. Misal Anda memiliki 4 kartu kredit, yaitu A, B, C, D. Kartu kredit A yang co-branding dengan supermarket bisa Anda gunakan untuk pembelian kebutuhan rumah tangga. Kartu kredit B bisa Anda gunakan untuk membayar cicilan, biaya listrik, telpon, air, dll. Kartu kredit C untuk kepentingan usaha. Kartu kredit D untuk keperluan darurat. Pemisahan ini akan membuat penggunaan kartu Anda lebih terkendali. Selain itu lebih memudahkan dalam proses pembukuan nantinya karena pengeluaran sudah dipisahkan di masing-masing tagihan kartu.

Cara mengelola kartu kredit lebih dari satu yang ketiga adalah membatasi limit penggunaan. Membatasi limit kartu kredit itu tidak mudah. Banyaknya penawaran yang menggiurkan dari bank terkadang membuat kita terlena dan akhirnya belanja gila-gilaan. Kita baru sadar begitu melihat tagihan yang jauh melebihi pendapatan kita.

Poin selanjutnya ketika Anda mengelola banyak kartu adalah segera melunasi tagihannya. Ini penting agar Anda terhindar dari denda dan bunga yang jauh lebih besar. Kendala ketika Anda memiliki lebih dari satu kartu adalah kesulitan dalam mengingat kapan tanggal jatuh temponya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi Credit Card Reminder yang bisa didownload di Google Play Store atau Apple App Store. Aplikasi ini berfungsi sebagai asisten pribadi Anda yang bisa memberikan peringatan kapan waktu jatuh tempo kartu Anda.

Nah, itu tadi tips mengelola kartu kredit lebih dari satu dari kami. Akan tetapi, tips ini tergantung pada kontrol diri Anda. Sebagus apapun tips yang diberikan akan jadi sia-sia jika Anda tidak mampu mengendalikan diri. Semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat bagi Anda!

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.