Memiliki kartu kredit memang memberikan prestise tersendiri bagi si pemegang. Pengguna kartu kredit bisa mendapat banyak kemudahan dan cenderung diprioritaskan saat bertransaksi menggunakan kartu ajaib ini. Sayangnya, limit kartu kredit yang kecil sering kali membuat kita susah untuk menggunakan kartu plastik ini secara maksimal. Nah, berikut ini akan kami berikan cara menaikkan limit kartu kredit dengan mudah.

Limit kartu kredit, tips kartu kredit

Menggunakan kartu kredit dengan teratur adalah salah satu cara menaikkan limit kartu kredit dengan mudah

Langkah menaikkan limit kartu kredit yang pertama adalah menggunakan kartu kredit secara teratur. Penggunaan kartu kredit yang teratur akan membuat bank berpikir kalau Anda adalah nasabah yang loyal dan aktif. Kalau Anda jarang menggunakannya, bank akan berpikir apa gunanya memberikan Anda kenaikan limit. Apalagi, semakin sering Anda menggunakan kartu kredit Anda juga akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda, misal potongan harga atau reward poin. Tapi ingat, gunakan kartu kredit dengan bijak dengan menyesuaikan dengan kemampuan Anda. Jangan sampai karena Anda hanya ingin mengejar kenaikan limit Anda menggunakannya tanpa kontrol yang berujung Anda terjebak dalam hutang kartu kredit.

Cara menaikkan limit kartu kredit selanjutnya yang efektif adalah membayar tagihan Anda tepat waktu. Sebelum meloloskan permintaan kenaikan limit, bank selalu akan mengecek track record pembayaran Anda. Dengan membayar tagihan tepat waktu akan membuat bank berpikir Anda adalah nasabah yang bertanggung jawab dan bisa dipercaya. Sehingga, bank tidak ragu untuk menaikkan limit kartu Anda.

Tips menaikkan limit kartu kredit yang ketiga adalah menghindari pembayaran minimum. Ada dua keuntungan jika Anda membayar lebih dari minimum payment. Yang pertama bank akan menganggap Anda punya kemampuan untuk membayar, yang ujung-ujungnya akan meningkatkan kesempatan Anda memperoleh kenaikan limit. Yang kedua, mengurangi bunga kartu kredit yang dikenakan pada Anda.

Cara selanjutnya agar limit kartu kredit Anda bisa naik adalah jangan buru-buru dan terlihat berharap dalam mengajukan kenaikan limit. Apabila Anda masih baru dalam menggunakan kartu kredit, usahakan jangan langsung meminta kenaikan limit, karena pasti akan ditolak. Minimal setelah 6 bulan pemakaian baru Anda mengajukan kenaikan limit sehingga bank bisa melihat track record penggunaan kartu kredit Anda. Selain itu, jangan terkesan kalau Anda sangat membutuhkan kenaikan tersebut, hal tersebut justru membuat bank ragu untuk memberikannya. Anda akan dianggap sebagai nasabah yang tidak mampu mengelola keuangan.

Tips menaikkan limit kartu kredit yang terakhir adalah bersikap realistis saat mengajukan kenaikan limit. Saat mengajukan kenaikan limit, usahakan meminta nominal yang wajar. Mintalah 10 – 25% dari limit Anda yang sekarang. Misal Anda memiliki kartu kredit dengan limit Rp. 10 juta, maka mintalah limit Anda dinaikkan menjadi Rp. 12,5 juta. Ini akan meningkatkan potensi pengajuan Anda disetujui. Jika Anda meminta diluar kewajaran, pasti akan ditolak. Bayangkan jika Anda menjadi karyawan bank, apakah Anda akan meloloskan nasabah yang meminta kenaikan limit hingga Rp. 100 juta, padahal limitnya hanya Rp. 10 juta?

Nah, itu beberapa cara menaikkan limit kartu kredit. Tapi perlu diingat, semakin tinggi limit Anda, semakin mudah Anda tergiur untuk bertransaksi. Tetaplah menggunakan kartu kredit Anda dengan bijak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.