Jaman sekarang kita untuk dituntut untuk serba cepat, bahkan dalam urusan transaksi sekalipun. Tidak heran jika tren kartu kredit dari waktu ke waktu semakin naik. Kartu ajaib ini dianggap mampu memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Sayangnya, meski demikian, kadang tanpa sadar kita membuat kesalahan yang akhirnya justru membuat kita tidak bisa merasakan manfaat kartu kredit, tapi hanya menjadi budaknya saja. Nah, berikut adalah beberapa kesalahan umum pengguna kartu kredit yang sering kali mereka anggap remeh.

Kesalahan penggunaan kartu kredit

Ada beberapa kesalahan umum pengguna kartu kredit yang dianggap sepele namun berakibat fatal, salah satunya adalah memakai kartu untuk membayar hutang

Kesalahan umum pengguna kartu kredit yang utama yang sering membuat penggunanya terjebak dalam lingkaran hutang yang tidak kunjung habis adalah ketidakmampuan mengontrol penggunaan kartu miliknya. Kartu kredit memang bisa bikin orang lupa daratan, bagaimana tidak, cukup dengan gesek Anda bisa dapatkan apa yang Anda mau. Sayangnya, tidak sedikit pengguna yang tidak memperhitungkan pendapatan dan pengeluaran ketika bertransaksi. Alhasil, pengeluaran jadi lebih besar daripada pendapatannya. Sekali atau dua kali mungkin tidak menjadi masalah, jika terus berulang efeknya bisa sangat berbahaya.

Kesalahan penggunaan kartu kredit lainnya yang juga perlu dihindari adalah tidak melunasi seluruh tagihan. Membayar sebagian, atau yang lebih parah membayar minimum payment ibarat Anda sedang menggali lubang kuburan Anda sendiri. Ingat, bank menerapkan bunga berbunga, jadi semakin lama Anda menunggak, semakin besar bunga yang harus Anda bayar, karena bunga dihitung tidak hanya dari pokok hutang, tapi juga dari bunga tunggakan Anda. Apalagi, bunga kartu kredit masih termasuk salah satu yang tertinggi di dunia, 2,95% / bulan.

Kesalahan umum pengguna kartu kredit selanjutnya yang juga sangat fatal adalah menggunakan kartu kredit untuk membayar hutang. Ingat, kartu kredit adalah hutang, ketika Anda menggunakannya untuk membayar hutang, apa yang terjadi? Hutang Anda tidak akan pernah lunas, Anda hanya akan terjebak dalam lingkaran hutang yang jumlahnya bisa saja semakin besar dari waktu ke waktu. Hanya ada 2 cara jika Anda ingin hutang lunas, tingkatkan penghasilan atau kurangi pengeluaran. Hanya itu caranya, tidak ada cara bayar hutang dengan mengambil hutang baru. Juga jangan gunakan kartu kredit Anda untuk membayar cicilan angsuran untuk hutang yang tipenya agunan, seperti KMK, KPR, dll. Kenapa? Utang dengan jaminan biasanya bunganya lebih kecil, jika Anda menggunakan kartu kredit untuk membayar cicilannya, itu sama saja Anda mengganti hutang dengan bunga kecil menjadi hutang dengan bunga besar.

Kesalahan penggunaan kartu kredit yang juga sering terjadi adalah menggunakan kartu kredit ibarat kartu debit. Meski sama-sama berfungsi mempermudahkan transaksi, kartu kredit dan debit jelas berbeda. Jangan pernah melakukan tarik tunai dengan kartu kredit karena ada biaya dan bunga yang harus Anda bayar, yang jumlahnya bisa sangat besar.

Nah, itu tadi beberapa kesalahan umum pengguna kartu kredit yang sering kali kita anggap remeh. Kesalahan tersebut mungkin terlihat sepele, namun jika terus dilakukan akan bisa sangat berbahaya. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang bagaimana menggunakan kartu kredit dengan bijak, silahkan ikuti seminar dan workshop Credit Card Revolution bersama Roy Shakti, pakar kartu kredit no. 1 di Indonesia. Untuk info jadwal bisa Anda lihat disini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.