Diakui atau tidak, kartu kredit saat ini menjadi salah satu alat transaksi alternatif yang popular di kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan kemudahan yang ditawarkan bagi para penggunanya. Meskipun demikian, masih ada sebagian orang yang ragu tentang hukum agama (khususnya agama Islam) mengenai hukum menggunakan kartu plastik ini. Hasilnya muncul kartu kredit yang disesuaikan dengan hukum agama Islam, yaitu kartu kredit syariah. Apa yang membedakan dengan kartu kredit umumnya?

Ada beberapa poin pertimbangan mengapa kartu kredit syariah bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin memiliki kartu kredit, antara lain:

Kartu Kredit

Kartu kredit syariah bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin memiliki kartu kredit yang sesuai hukum agama Islam

Besarnya fee yang harus dibayar lebih rendah

Ketika kita menggunakan kartu kredit, maka kita harus membayar sejumlah fee atau biaya kepada bank penerbit kartu kredit. Besarnya jumlah fee yang harus dibayar sangat bervariasi karena banyaknya komponen yang mempengaruhinya. Sehingga fee antara satu bank dengan bank yang lain pun tidak sama. Disini, kartu kredit syariah menawarkan fee yang jauh lebih murah.

Denda untuk mengganti bunga

Jika di kartu kredit umum, ketika kita terlambat dalam melakukan pembayaran, maka bank akan mengenakan denda plus bunga. Di kartu kredit syariah, bunga itu dihapuskan, hanya tinggal dendanya saja. Lho kenapa masih dikenakan denda? Tujuannya untuk membuat penggunanya disiplin dalam menggunakan kartunya. Uniknya, denda tersebut tidak akan dimasukkan sebagai pendapatan bank, melainkan digunakan untuk aktivitas kemanusiaan.

Ada aturan pembatasan maksimal transaksi

Sesuai dengan aturannya yang dituangkan dalam fatwa Dewan Syariah Nasional No: 54/DSN-UI/X/2006, terdapat klausul yang menyebutkan bahwa pengguna tidak boleh bertransaksi secara berlebihan (israf). Untuk mengakomodir peraturan tersebut, bank penerbit kartu kredit syariah menerapkan limit maksimal pembelanjaan. Tidak hanya itu, nasabah juga harus menyiapkan dana (dalam bentuk tabungan) yang jumlahnya lebih kecil dari limit kartu kredit Anda (prosentase tergantung kebijaksanaan bank). Hal ini membuat kita bisa mengerem penggunaan kartu yang berlebihan, sehingga kita bisa menghemat pengeluaran.

Nah, itu tadi beberapa poin kenapa kartu kredit syariah bisa dijadikan pertimbangan bagi Anda. Apakah Anda tertarik untuk memilikinya? Jika ya, silahkan tanya bank Anda apakah mereka memiliki produk tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.