Saat ini kartu kredit sudah bukan menjadi barang baru lagi bagi masyarakat Indonesia. Sayangnya, masih banyak orang yang ingin memilikinya hanya untuk sekedar untuk gengsi-gengsian saja. Akibatnya ketika mereka tidak mampu mengontrol penggunaan kartu kredit, mereka justru terjebak dalam lingkaran hutang kartu kredit. Lalu, apakah tidak ada cara agar kita bisa mengelola penggunaannya? Berikut tips kartu kredit yang patut anda coba.

Tips kartu kredit, pengelolaan kartu kredit, penggunaan kartu kredit dengan benar

Mengontrol penggunaan kartu kredit sangat diperlukan agar Anda terhindar dari hutang kartu kredit

Tips mengontrol penggunaan kartu kredit yang pertama adalah membatasi jumlah kartu kredit anda. Memiliki kartu kredit banyak memang terlihat wah, akan tetapi jika anda tidak bisa mengelolanya dengan baik justru akan merepotkan. Banyak orang yang karena memiliki banyak kartu justru akhirnya terjebak bunga dan biaya kartu kredit yang besar akibat lupa tanggal jatuh tempo dari kartu-kartu miliknya. Milikilah kartu kredit secukupnya yang disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Cara mengelola penggunaan kartu kredit adalah dengan menyesuaikan limit kartu kredit anda dengan pemasukan anda. Banyak orang berlomba-lomba untuk menaikkan limit kartu mereka tanpa melihat kemampuan membayar mereka. Akhirnya saat tagihan membengkak dan diluar kemampuan mereka, hutang menjadi semakin menumpuk. Jangan ngotot untuk memiliki limit yang besar jika anda belum bisa mengelola kartu kredit dengan limit anda yang sekarang. Limit anda bakal naik dengan sendirinya asal anda menggunakan kartu anda dengan baik dan benar.

Cara mengontrol penggunaan kartu kredit selanjutnya adalah bijaksana dalam menggunakannya. Kenali barang atau jasa yang merupakan kebutuhan dan mana yang hanya sekedar keinginan. Utamakan untuk membeli kebutuhan terlebih dahulu. Hindari untuk tergiur dengan promo-promo yang diberikan bank, kecuali memang anda membutuhkannya, karena itu memang senjata utama mereka untuk mendapatkan keuntungan.

Mengelola penggunaan kartu kredit tidak akan berhasil jika anda tidak belajar manajemen keuangan. Aturlah kas keuangan anda sebaik-baiknya. Jangan gunakan semua limit kartu kredit anda untuk belanja. Gunakanlah maksimal hanya 50% dari limit, sedangkan sisa 50% anda persiapkan untuk berjaga-jaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Atau anda juga bisa melakukan pembatasan dengan menentukan batas penggunaan kartu kredit maksimal 45% dari income anda. Misal income anda Rp. 7,5 juta, maka anda hanya boleh menggunakan kartu kredit anda sebanyak 45% x Rp. 7,5 juta = Rp. 3.375.000,-

Pemilihan tanggal jatuh tempo juga sangat berpengaruh terhadap kemampuan anda mengontrol penggunaan kartu kredit. Pilihlah tanggal jatuh tempo yang sesuai dengan kemampuan keuangan anda, misal saat gajian atau saat tutup buku bulanan usaha anda. Hal ini penting agar anda bisa segera melunasi tagihan anda tepat waktu sehingga mengurangi resiko terkena bunga atau biaya-biaya yang tidak perlu.

Nah, itu tadi beberapa tips mengontrol penggunaan kartu kredit yang bisa anda terapkan. Namun perlu diingat, tips mengelola penggunaan kartu kredit ini membutuhkan kedisiplinan dari nasabah. Tanpa itu semua, hal ini tidak akan berjalan sebagaimana yang diharapkan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda!

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.