Masih ingat dengan presiden Obama? Yup presiden Amerika diberitakan pernah mengalami kejadian tidak menyenangkan, kartu kreditnya ditolak saat makan disebuah restauran. Bayangin, orang sekelas Obama saja bisa ditolak, bagaimana dengan kita? Lalu bagaimana caranya menghindari kejadian memalukan ini? Caranya adalah mengetahui alasan mengapa kartu kredit ditolak saat transaksi. Apa saja itu?

Transaksi kartu kredit ditolak

Ada banyak alasan mengapa kartu kredit ditolak saat transaksi

Alasan pertama kartu kredit ditolak saat transaksi adalah kartu anda sudah expired. Yup, setiap kartu kredit memiliki masa kadaluarsanya, dan biasanya itu tertera di kartu anda. Silahkan hubungi bank penerbit kartu anda satu bulan sebelum masa expirednya. Meskipun demikian, biasanya 1 minggu sebelum masa berakhir, bank sudah akan mengirimkan kartu pengganti untuk nasabahnya. Walau kadang nasabah tidak terlalu memperhatikan sebab biasanya dikirim dalam amplop polos.

Alasan kedua transaksi kartu kredit anda ditolak adalah bank penerbit membatalkan kartu kredit anda. Ada banyak sebab bank melakukan hal tersebut, meski biasanya lebih dikarenakan faktor permasalahan dalam pembayaran. Bank tidak segan-segan membatalkan kartu anda jika anda telah menunggak tagihan anda dalam jangka waktu tertentu. Namun, di beberapa kasus, penggunaan kartu yang tidak teratur juga bisa membuat kartu anda dicancel, seperti yang terjadi pada kartu kredit presiden Obama.

Alasan selanjutnya yang membuat kartu kredit ditolak saat transaksi adalah jika anda telah bertransaksi melebihi limit anda. Hindari penggunaan hingga overlimit karena hal ini sangat merugikan anda, selain anda tidak lagi bisa bertransaksi, anda juga dikenakan biaya-biaya lain yang cukup merepotkan.

Alasan lain transaksi kartu kredit anda ditolak adalah penerbit kartu kredit mencium indikasi adanya penipuan. Terus meningkatnya penipuan kartu kredit tiap tahun membuat penerbit mesti berhati-hati. Apalagi, konsumen tidak memiliki tanggung jawab untuk membayar transaksi yang terindikasi penipuan. Bank akan memblokir kartu anda jika ada transaksi yang diluar kebiasaan normal transaksi anda. Misal, transaksi dalam jumlah besar, transaksi di luar kota atau luar negeri, dll.

Kartu kredit anda ditolak saat transaksi bisa juga disebabkan karena kesalahan informasi yang anda berikan. Hal ini biasanya hanya berlaku dalam transaksi online, sebab, biasanya dalam transaksi online anda diharuskan mengisi data. Pastikan anda mengisi data dengan benar, karena sekecil apapun kesalahan yang anda lakukan bisa membuat kartu anda ditolak.

Alasan terakhir transaksi kartu kredit anda ditolak adalah adanya perubahan yang dilakukan oleh pemegang kartu kredit primer. Alasan ini berlaku bagi anda yang memiliki kartu kredit tambahan atau kartu kredit corporate. Jika pemegang kartu kredit primer melakukan perubahan dengan menonaktifkan kartu anda, maka anda tidak lagi bisa transaksi. Atau jika kartu kredit primer telah melakukan transaksi melebihi limit, maka kartu anda juga tidak bisa digunakan, karena biasanya kartu kredit tambahan menerapkan limit gabungan.

Nah, itu tadi beberapa alasan kartu kredit ditolak saat transaksi. Memiliki kartu kredit memang menyenangnkan, karena bisa lebih efisien dan aman. Tapi jangan lupa untuk menyaipkan dana tunai di dompet anda untuk berjaga-jaga kalau terjadi kejadian memalukan seperti ini. Tidak enak khan, anda harus meninggalkan identitas karena kartu kredit anda ditolak dan anda tidak cukup bawa uang saat melakukan transaksi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda.

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.