Kartu kredit saat ini memang telah menjadi salah satu alat transaksi alternatif yang paling digemari. Hal ini bisa dilihat dari jumlah penggunanya yang kian hari kian bertambah. Peningkatan ini jelas dipicu adanya dampak positif dari kartu kredit. Tapi, tahukah anda kalau kartu plastik ini juga memiliki dampak negatif? Nah, berkaca pada motto yang diajarkan bapak Roy Shakti, pakar kartu kredit no. 1 Indonesia, “Jika anda tidak tahu aturannya, maka anda akan selalu kalah.” Maka, mari kita belajar tentang dampak negatif kartu kredit.

Menurut BusinessInsider yang dilansir pada Jum’at 14 Juni 2013, setidaknya ada beberapa dampak negatif kartu kredit, yaitu:

Pengaruh kartu kredit

Pengguna harus waspada akan dampak negatif kartu kredit

  1. Kartu kredit menjadikan pemegangnya tidak bertanggung jawab

Banyak sudah yang membuktikan kalau efek negatif kartu kredit yang sering kita jumpai adalah menjadikan pemegangnya menjadi konsumtif. Hal ini mungkin dikarenakan karena keleluasaan yang diberikan bank yang membuat nasabah kartu kredit dengan bebas menggesek kartu kredit saat membeli sesuatu. Kemudahan ini terkadang membuat orang tidak memperhatikan limit finansial yang dimiliki, dan tidak bertanggung jawab dengan pengeluaran yang dilakukan.

  1. Kartu kredit membuat pemegangnya menjadi pelupa

Berdasarkan pada penelitian dari Profesor Dilip Soman dari University of Colorado, kartu kredit ternyata mampu menciptakan ilusi likuiditas. Ilusi ini membuat pengguna kartu kredit kebingungan akan kemampuannya menghabiskan uang. Dampak negatif kartu kredit ini bisa dilihat dari seringnya konsumen membeli item tambahan yang sebenarnya tidak diperlukan saat membeli dengan kartu plastik ini.

  1. Kartu kredit bisa menjadikan anda lebih gemuk

Efek negatif kartu kredit selanjutnya ini hampir sama dengan efek sebelumnya, yaitu terkait pada kontrol diri. Seorang nasabah kartu kredit akan lebih cenderung membelanjakan kartu kreditnya untuk makanan yang tidak sehat dibandingkan saat anda membeli dengan uang tunai. Secara halus, kartu ajaib ini melemahkan pertimbangan anda dalam memilih mana yang diperlukan dan tidak.

  1. Kartu kredit menciptakan ilusi kehidupan bagi pemegangnya

Jika kartu kredit dulu masih bersikap eksklusif, hanya untuk kalangan yang benar-benar mampu, maka saat ini hal itu tidak berlaku. Bank saat ini pun berani memberikan ijin untuk masyarakat dengan perekonomian rendah. Disinilah dampak negatif kartu kredit muncul. Dengan mendapatkan alat transaksi alternatif yang berada diatas pendapatan mereka, mereka terjebak dengan ilusi kehidupan yang nyaman. Mereka tak sadar jika ilusi tersebut bisa menggiring mereka ke bunga yang lebih mahal.

Nah, itu tadi beberapa dampak negatif kartu kredit yang perlu anda ketahui. Dengan mengetahui efek negatif kartu kredit, anda bisa belajar bagaimana mengatasinya. Dan untungnya, bapak Roy Shakti bersedia berbagi tips dan trik bagaimana merubah kartu kredit menjadi mesin uang yang sanggup membayar dirinya sendiri. Untuk informasi lebih lanjut silahkan cek di website beliau: creditcard-revolution.com!

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.